Manaqib Syekh Abdul Qodir Al-Jailani RA





         Assalamu'alaikum...
Pada kesempatan kali ini dan beberapa postingan berikutnya admin Dunia el-Hikam akan menyajikan tentang kisah perjalanan/manaqib sang Ghauts al-A'zham Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Ra yang disadur dari buku "Rahasia Cinta (Ajaran Hidup, Cinta, dan Karamah) Syekh Abdul Qodir al-Jailani". Semoga dengan kisah yang admin sajikan dapat memberikan petunjuk untuk meneladani sang Shultanul Auliya' Syekh Abdul Qadir Al-Jailani serta dapat menyelami lautan hikmah yang terkandung dalam kisahnya Amiin.

LATAR BELAKANG KEHIDUPAN SYEKH ABDUL QADIR
A. Nama Beliau
     Beliau bernama Abdul Qadir. Nama kunyah beliau " Abu Muhammad". Beliau terkenal dengan gelar Muhyi ad-Din, al-Ghauts al-A'zham, Sulthanul Auliya', Ghauts al-Pak, dan lain-lain. Beliau merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW, baik dari garis ibu beliau (al-husaini) maupun garis ayah (al-hasani). Imam Hasan dan Imam Husain Ra. adalah cucu Nabi Muhammad SAW. Ayah beliau adalah Sayyid Abu Shalih Musa Ra. dan ibu beliau Sayyidah Ummu al-Khair Fathimah Ra.

B. Tempat Kelahiran
     Menurut riwayat yang shahih, Sayyid al-Ghauts al-A'zham Syekh Abdul Qadir al-Jailani Ra. dilahirkan di sebuah tempat bernama Nif, yang terletak di Jilan (Persia). Menurut Imam Yaqut Hamwi Ra. Syekh Abdul Qodir al-Jailani Ra. lahir di sebuah tempat bernama Basytir. Sebagian besar sejarawan sepakat bahwa Nif dan Basytir adalah dua nama yang berbeda untuk sebuah tempat yang sama. Oleh karena beliau dilahirkan di Jilan, al-Ghauts al-A'zham Syekh Abdul Qodir Ra. dikenal dengan sebutan al-Jilani atau sebagian kalangan menyebutnya al-Jailani. Sehubungan dengan kelahiran beliau, al-Ghauts al-A'zham Ra. sendiri memberi pernyataan dalam karyanya "Qashidah al-Ghautsiyah", sebagai berikut: " Aku adalah seorang penduduk Jil dan namaku adalah Muhyi ad-Din dan panji keagunganku menancap kokoh di atas gunung-gunung.

C. Silsilah Beliau
     Silsilah beliau bersumber dari Khalifah Sayyid Ali al-Murtadha Ra., melalui ayah beliau, sepanjang 14 generasi dan melalui ibu beliau sepanjang 12 generasi. Syekh Sayyid Abdur Rahman Jami Ra. memberi komentar mengenai asal usul al Ghauts al-A'zham Ra. sebagai berikut: "Beliau adalah seorang Sultan yang agung, yang dikenal sebagai al-Ghauts al-A'zham. Beliau mendapat gelar Sayyid dari silsilah kedua orangtua beliau, Hasani dari sang ayah dan Husaini dari sang ibu." Silsilah keluarga beliau adalah sebagai berikut:
(Keterangan: A berarti garis dari al-Husain, sedangkan B berarti garis dari al-Hasan)

Sayyid Rasulullah Saw.
Sayyidatun-Nisa' Fathimah Zahra'
Sayyid Ali al-Murtadha Ra.
A1. Syahid al-Karbala Imam Husain Ra.
B1. Sayyid Imam Hasan
A2. Sayyid Imam Zainul Abidin Ra.
B2. Sayyid Hasan Matsni
A3. Imam Muhammad Baqir Ra.
B3. Sayyid Abdul Mahdh
A4. Sayyid Imam Ja'far Shadiq Ra.
B4. Sayyid Musa al-Jaun
A5. Sayyid Imam Musa Khazim Ra.
B5. Sayyid Abdullah Tsani
A6. Sayyid Syekh Ali Raza Ra.
B6. Sayyid Musa Tsani
A7. Sayyid Abu Ala'uddin Ra.
B7. Sayyid Dawud
A8. Sayyid Kamaluddin 'Isa Ra.
B8. Sayyid Muhammad
A9. Sayyid Abul 'Atha' Abdullah Ra.
B9. Sayyid Yahya az-Zahid
A10. Syekh Sayyid Mahmud Ra.
B10. Sayyid Abu Abdillah
A11. Sayyid Muhammad
B11. Sayyid Abu Samih Musa (Ayah)
A12. Sayyid Abu Jamal
A13. Sayyid Abdullah Sum'i
A14. Sayyidah Ummul Khair Fathimah (ibu)
Sayyid Muhyidin
Abu Muhammad Abdul Qodir al-Jailani



Disadur dari buku "Rahasia Cinta (Ajaran Hidup, 
Cinta, dan Karamah Syekh Abdul Qodir al-Jailani Ra.)
Latest
Previous
Next Post »